Blogger Widgets
Happy Cute Box Dog

Sabtu, 12 Oktober 2013

Apa Itu Paragraf Argumentasi ?


Paragraf Argumentasi
Hallo teman, ada yang udah tau belum nih apa itu paragraf argumentasi ? nh bagi yang belum tahu,, nih aku kasih tau ya,,,
paragraf argumentasi itu adalah paragraf yang berisi tentang tulisan-tulisan yang disertai berbagai alasan, contoh, atau bukti-bukti yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca sehingga pembaca membenarkan isi paragraf tersebut.
nah agar sobat lebih paham,, aku kasih contoh nih.
contoh : 
            Perang antara Palestina dan Israel sepertinya belum juga menunjukan titik terang. konflik Palestina dan Israel menurut sejarah sudah berlangsung selama 31 tahun ketika pada tahun 1967 Israel menyerang Mesir, Yordania dan Syria dan berhasil merebut Sinai dan Jalur Gaza, dataran tinggi Golan (Syria), Tepi Barat dan Yerussalem (Yordania). Sampai sekarang perdamaian sepertinya jauh dari harapan. Perang antara Palestina dan Israel ini memakan korban yang tak sedikit. Bahkan dalam data yang berasal dari Kementrian Luar Negeri Israel disebutkan pada tahun 2010 sebanyak 81 orang negara Palestina yang menjadi korban dan 8 orang korban dari negara Israel. Banyak orang yang mengatakan bahwa perang Israel dan Palestina adalah perang karena agama namun banyak juga yang tidak sependapat akan hal itu.
Perang antara Israel dan Palestina sebenarnya memang bukan merupakan perang agama Yahudi dan Islam. Sesungguhnya hakikat permusuhan dan peperangan kita terhadap Zionis Israel bukan karena mereka bangsa Semit. Permusuhan itu bukan pula karena agama “Yahudi” mereka (Israel). Karena agama Yahudi adalah termasuk agama samawi yang telah dibawa oleh Rasul Allah Musa a.s. Nurhasana, dkk (2011:137) mengatakan “ Dalam ajaran Islam juga disebutkan bahwa Allah tidak melarang hidup bermasyarakat dengan orang yang tidak seagama, selama tidak memusuhi Islam.” Pada hakikatnya motif pertikaian dan permusuhan kita dengan Zionis Israel, yaitu karena mereka (Israel) telah mengobarkan api peperangan di mana-mana, merampas tanah warga Palestina, merampas kehormatannya dan membantai penduduk tak berdosa secara keji dan biadab. Peperangan yang dilakoni oleh kaum Muslimin terhadap Zionis itu adalah demi kebenaran, menegakkan keadilan, dan melenyapkan kezhaliman. Membebaskan tanah Palestina dan negeri-negeri Islam dari cengkraman Zionis Israel dan menyelamatkan warganya dari kehancuran, adalah termasuk perang fisabilillah yaitu perang di jalan Allah dan kita sesama umat muslim adalah saudara. Sebagaimana layaknya orang-orang bersaudara, pasti jika saudaranya sakit, yang lain akan ikut merasakanya. Minimal mendoakanya agar Ia diberi yang terbaik. (Tim BSOM, 2012:38) 
Dengan demikian, jelaslah bahwa konflik yang terjadi antara Israel dan Plestina  bukan karena masalah agama tetapi lebih kepada perlakuan Israel yang memulai peperangan dengan cara merampas tanah warga Palestina, membantai penduduk Palestina yang tak berdosa sehingga puluhan bahkan ratusan orang dewasa beserta anak-anak tewas dan sebagai sesama muslim kita juga wajib membantu warga Palestina demi menyelamatkan warganya dari kehancuran. 

nah,, paragraf  diatas itu ingin meyakinkan para pembaca yang selama ini beranggapan bahwa perang antara Israel dan Palestina itu adalah perang Agama itu tidak semuanya benar,, akan tetapi penulis ingin menyakinkan kepada para pembaca bahwa perang antara Israel dan Palestina itu terjadi karena mereka (Israel) telah mengobarkan api peperangan di mana-mana, merampas tanah warga Palestina, merampas kehormatannya dan membantai penduduk tak berdosa secara keji dan biadab. Pada paragraf ini penulis juga ingin menguatkan alasan yang ditulisnya yakni dengan menambahkan kutipan-kutipan.
nah begitulah sobat contoh paragraf argumentasinya,,, semoga sobat mengerti,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar